Situs Lingga

Yelly Vania - 2020-01-22

Situs Lingga atau yang dikenal juga dengan Situs Telagajaya II berjarak kurang lebih 2,5km dari Desa Segaran. Tepatnya, situs ini berlokasi di Desa Teluk Buyung, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang dan dikelilingi persawahan yang sangat luas dan hijau. Selain itu, jika melanjutkan perjalanan sekitar 5 km lagi, kita akan dapat menikmati keindahan laut biru yang masih sangat jernih. Hingga saat ini Situs Lingga masih belum dilakukan pemugaran. Wilayah situs tersebut masih digunakan warga setempat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga setempat, yaitu untuk bercocok tanam.

 

Di wilayah situs tersebut, terdapat dua buah batu dengan tekstur dan bentuk yang unik disebut Batu Lingga. Menurut KBBI, lingga merupakan batu berbentuk tiang sebagai tugu peringatan dan merupakan tanda kelaki-lakian Dewa Siwa yang melambangkan kesuburan.

 

Zaman dahulu, batu Lingga disembah dan diibaratkan oleh umat Hindu sebagai Dewa. Setelah berhasil memikat perhatian melalui bentuk dan teksturnya, batu Lingga menambah rasa menarik warga dengan meninggalkan cerita berbau misteri. Konon, dahulu sempat ada warga yang memindahkan batu tersebut, namun warga yang memindahkannya ditemui oleh seseorang dengan tubuh besar dan tinggi dan menyuruh warga tersebut untuk membalikkan batu tersebut ke tempat awal. Selain batu Lingga yang terletak di bagian depan wilayah Situs Lingga, di bagian belakangpun terdapat 1 batu lainnya yang memiliki tekstur yang serupa. Sejak kejadian tersebut, tidak ada lagi warga yang berani memindahkan ketiga batu tersebut.


List Komentar

No Comment


Berikan Komentar Anda!

komentar anda sangat berguna untuk kami.