Budaya & Kesenian Karawang


Budaya Topeng

Tarian yang penarinya mengenakan topeng. Topeng telah ada di dunia sejak zaman pra-sejarah. Secara luas digunakan dalam tari yang menjadi bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur. Diyakini bahwa topeng berkaitan erat dengan roh-roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dewa-dewa. Pada beberapa suku, topeng masih menghiasi berbagai kegiatan seni dan adat sehari-hari.

image-topeng
image-jaipong

Budaya Jaipong

Jaipong adalah salah satu tari tradisional masyarakat Sunda, Karawang,Jawa Barat, yang sangat populer di Indonesia. Tari Jaipong biasa dilakukan oleh Ibu-ibu serta wanita muda untuk menyambut tamu kebesaran.

Budaya Kasidah

Kosidah adalah nyanyian yang menyanyikan lirik berisi puji-pujian (dakwah keagamaan dan satire) untuk kaum muslim.

image-kasidah
image-marawis

Budaya Marawis

Sebuah alat musik tepuk yang berasal Yaman yang juga berada di Karawang. Alat musik marawis biasa digunakan dalam kesenian terutama dalam hal keagamaan. Ukuran terkecil dari marawis berkisar berdiameter 20cm dan tinggi 19cm. Alat musik ini dimainkan dengan pukulan – atau tepukan tertentu.

Budaya Odong-Odong

Sebuah budaya yang berada di Karawang. Odong – odong adalah sebuah mobil yang dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat dinaiki oleh banyak orang yang difokuskan untuk anak – anak. Biasanya odong – odong akan dibuat seperti kereta tanpa jendela yang biasanya ditambahkan lagu atau musik anak – anak. Cara kerja dari odong – odong adalah ketika penuh telah terisi odong – odong akan berjalan sambal menyetel lagu atau musik agar orang yang didalam tetap senang.

image-odong-odong